Perawatan Pohon Durian Yang Tepat

Informasi mengenai perawatan bibit durian ini sangat penting untuk diketahui agar nantinya setiap orang yang ingin melakukan budidaya pohon durian mengetahui bagaimana cara perawatan yang tepat.

Perawatan Pohon Durian Kecil Yang Tepat

Buah Durian merupakan salah satu buah yang populer dan banyak diminati di Indonesia. Durian sendiri memang merupakan buah khas daerah tropis dimana memiliki ciri khas berupa  bau yang bisa dikatakan menyengat.

Namun meskipun begitu,  tetap saja banyak sekali orang yang menyukai buah durian ini.  Padahal durian juga terbilang buah yang mahal jika dibandingkan dengan jenis buah lainnya.

Sebenarnya durian termasuk pohon yang tidak membutuhkan perawatan yang khusus.  Namun karena durian umumnya dibudidayakan untuk bisnis, maka tentu saja membutuhkan perawatan bibit durian sampai dengan perawatan untuk pohon durian yang masih kecil.

Berikut ini adalah beberapa perawatan untuk pohon durian yang masih kecil.

  • Penyiangan Hama

Hama merupakan salah satu kendala yang dapat mempengaruhi pertumbuhan pohon durian. Hal ini karena hama dapat menimbulkan penyakit bagi pohon durian sehingga tidak dapat tumbuh dengan baik.

Maka dari itulah harus dilakukan beberapa upaya untuk mencegah agar hama tidak bermunculan.  Salah satu caranya yaitu dengan cara penyiangan.

Cara menyiangi pohon durian yang masih kecil ini adalah dengan cara mencabut dan memangkas yang dilakukan secara manual serta usahakan untuk tidak menggunakan pestisida.

  • Memasang Plastik

Cara lain yang bisa dilakukan yaitu adalah memasang plastik mulsa. Tujuannya adalah untuk menghambat agar mulsa tidak tumbuh lagi.

  • Pemupukan

Agar pohon durian yang masih kecil bisa tumbuh dengan baik,  mama perlu dilakukan pemupukan.  Proses pemupukan pohon durian yang masih kecil pun tidak boleh dilakukan sembarangan.

Pemupukan yang tepat hanya dilakukan sebanyak 2 kali dalam 1 tahun.  Pemupukan yang pertama dilakukan pada saat pohon durian berumur 3 bulan,  kemudian untuk pemupukan selanjutnya bisa dilakukan setelah 4 bulan.

Untuk pupuk yang digunakan juga dianjurkan untuk tidak menggunakan pupuk kimia.  Namun sangat disarankan untuk menggunakan pupuk kompos,  pupuk kandang atau NPK.  mengenai dosis pemberian pupuknya yaitu 30 – 40 kg untuk masing – masing pohon.

Tips Budidaya Durian Agar Tak Gagal Panen

Jika anda sedang melakukan budidaya durian untuk komersial,  maka tentunya perlu melakukan perawatan bibit durian yang tepat agar nantinya bisa menghasilkan panen yang maksimal. Berikut ini adalah beberapa tips perawatan bibit durian untuk budidaya durian agar tidak gagal panen.

  • Pemilihan Lokasi yang Tepat

Perlu diketahui bahwa pohon durian ini tidak bisa tumbuh disembarang lokasi.  Durian hanya bisa tumbuh dengan baik didaerah tropis.  Sehingga pastikan bahwa lokasi menanam durian yang anda pilih sudah sesuai baik dari segi ketinggian tanah, suhu hingga intensitas cahaya matahari yang didapatkan sudah pas.

  • Gunakan Bibit Durian Terbaik

Agar bisa menghasilkan buah durian yang berkualitas,  maka tentunya anda harus menggunakan bibit durian yang unggul.  Pilih bibit yang segar,  sehat dan tidak terkena hama penyakit.

  • Lakukan Cara Menanam yang Tepat

Cara menanam yang tepat juga ikut mempengaruhi pertumbuhan pohon durian.  Pastikan anda mengetahui cara menanam yang tepat mulai dari proses pembibitan,  persiapan media tanam yang tepat hingga penyiraman di awal proses pembibitan yang dilakukan.

  • Proses Perawatan yang Tepat

Selain itu perawatan juga perlu dilakukan secara tepat.  Seperti penyiraman secara rutin,  menyiangi hama dan rumput liar dan juga pemupukan.  Pastikan semuanya dilakukan secara tepat sesuai dengan usia dan kebutuhannya.

Jika beberapa tahap di atas dilakukan dengan benar, maka besar kemungkinan pohon durian akan tumbuh dengan subur sehingga peluang untuk sukses panen akan terbuka lebar.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *