Keuntungan Dan Tips Dari Perawatan Bibit Durian

Perawatan bibit durian sangat penting untuk dilakukan. Hal ini dilakukan agar bisa mendapatkan pohon durian yang subur dan berkualitas. Ada berbagai jenis perawatan yang bisa Anda terapkan pada bibit pohon durian. Walaupun begitu, perawatannya sangat mudah sekali untuk dilakukan. Dengan melakukan perawatan juga bisa memberikan keuntungan untuk Anda.

Apa Saja Keuntungan Melakukan Perawatan Bibit Durian?

Durian merupakan salah satu buah yang banyak disukai oleh masyarakat Indonesia. Rasanya yang manis, legit, serta lezat menjadikannya buah favorit banyak orang. Tidak hanya di Indonesia saja, ternyata banyak juga orang luar negeri yang menyukai buah durian yang kaya akan rasa dan tekstur. Sehingga, tak heran jika semakin banyak orang yang melakukan penanaman dan perawatan pada bibit durian.

Menanam pohon durian banyak dilakukan dengan memulainya pada bibit. Bibit merupakan pohon durian yang masih kecil. Nantinya, bibit ini akan tumbuh besar dan bisa menghasilkan buah durian yang bisa dikonsumsi. Namun, selama proses pertumbuhannya tetap memerlukan perawatan agar bisa mendapatkan pohon durian yang subur dan buah durian yang berkualitas.

Berikut ini adalah berbagai keuntungan dari melakukan perawatan bibit durian :

  1. Bibit Durian Menjadi Lebih Subur

Keuntungan pertama dari perawatan bibit durian adalah menjadi lebih subur. Tidak jarang kita menjumpai pohon durian yang terlihat tidak terawat dan kurang subur. Hal tersebut disebabkan karena minimnya perawatan yang dilakukan. Padahal, dengan melakukan berbagai perawatan bisa membuat bibit durian tumbuh menjadi lebih subur dan baik untuk ke depannya.

  1. Bibit Durian Menjadi Lebih Sehat dan Terhindar Dari Hama

Hama merupakan salah satu penghambat bibit durian untuk tumbuh, bahkan bisa menyebabkan bibit menjadi mati. Oleh sebab itu, jika Anda rutin melakukan perawatan pada bibit durian maka bisa membuatnya menjadi lebih sehat dan terhindar dari hama. Dengan begitu, umur pohon durian akan menjadi lebih panjang.

  1. Bibit Durian Bisa Menghasilkan Banyak Buah

Tujuan dari menanam pohon durian dari sejak bibit adalah mendapatkan hasil berupa buah durian. Siapa yang tidak senang mendapati pohon durian yang ditanamnya sejak masih bibit bisa menghasilkan buah yang banyak? Tentunya Anda akan merasa sangat senang. Sehingga, sangat penting untuk melakukan perawatan agar bisa mendapatkan pohon dengan buah yang banyak.

  1. Bibit Durian Bisa Menghasilkan Buah yang Berkualitas

Buah durian yang berkualitas ternyata bisa didapatkan dari pohon yang dirawat dengan baik sejak bibit. Sehingga, buah durian nantinya akan mempunyai kualitas yang lebih baik dari segi rasa, aroma, dan tekstur. Anda bisa mendapatkan durian premium hanya dengan melakukan perawatan sederhana saja pada bibit pohon durian.

  1. Harga Jual yang Lebih Tinggi

Durian yang berkualitas akan mempunyai harga yang lebih tinggi. Jika Anda bertujuan untuk melakukan budidaya dan mendapatkan keuntungan, maka sangat penting untuk melakukan perawatan. Dengan begitu, Anda bisa mendapatkan pohon dan buah durian yang berkualitas.

Berbagai Tips Untuk Perawatan Bibit Durian

Untuk merawat bibit durian sebenarnya sangat mudah sekali untuk dilakukan. Anda hanya perlu melakukan beberapa hal agar bisa membuatnya tumbuh lebih subur dan menghasilkan durian yang berkualitas. Seperti misalnya memberikan pupuk. Ada berbagai jenis pupuk yang bisa diberikan untuk pohon durian, namun pastikan dosisnya sesuai agar tidak berlebihan maupun kekurangan.

Selain itu, Anda juga harus melakukan penyiraman pada bibit pohon. Setidaknya, lakukan penyiraman sebanyak 1 kali. Namun, jika musim hujan tidak perlu untuk disiram dan siram ketika kering saja sebanyak 1 kali. Jika bibit durian sudah mulai tumbuh dan mempunyai ranting, pangkas bagian ranting yang bercabang dan mengganggu. Perawatan bibit durian ini sangat mudah untuk dilakukan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *