Jarak Tanam Pohon Durian Musang King

Jarak Tanam Pohon Durian Musang King

Budidaya durian memang sedang marak, penyebabnya? tentu saja karena buah berduri ini laris manis di pasaran, terutama untuk varietas tertentu yang ketersediannya masih terbatas di pasaran, namun peminatnya semakin meningkat seperti jenis musang king atau yang juga biasa dikenal sebagai raja kucing. Oleh karena itu, saat ini semakin banyak orang yang ingin menikmati keuntungan besar dari hasil penjualan panen buah berduri asal Malaysia ini. Dalam melakukan budidaya buah, proses awal penanaman bibit harus diperhatikan betul – betul. Selain tanah harus diolah dengan benar, pastikan juga anda memberikan jarak tanam pohon durian musang king yang lebar antara satu bibit dengan lainnya. Hal ini tentu bertujuan agar, seiring pertumbuhannya nanti bibit tidak saling berebut nutrisi dan rimbunnya daun tidak saling menutupi pohon satu sama lainnya. Dengan adanya jarak yang cukup, bisa meminimalisir penularan penyakit maupun hama secara lebih cepat, antara pohon yang terserang ke pohon lainnya.

Durian musang king merupakan varietas durian paling mahal di Indonesia. Bahkan untuk penjualan buah bekunya bisa mencapai angka Rp 435.000,00 per kg dan untuk buah segarnya dengan kisaran Rp 150.000,00 per kg untuk buah segarnya yang masih lengkap dan tertutup kulitnya. Harganya yang fantastis ini, menarik minat banyak orang untuk membudidayakannya. Jika anda adalah salah satunya, maka sebelum mulai berkebun buah berduri ini, ada baiknya anda tahu kiat – kiat penanaman yang baik dan benar. Kali ini kami akan membagikan informasi mengenai salah satu bagian penting dari proses penanaman bibit durian ini, yaitu mengenai jarak tanam durian ini.

Tentukan Dulu Lokasi Lahan Kebun Durian Musang King

Sebelum membuat lubang tanam durian, tentunya anda harus punya lahan tanah terlebih dahulu sebagai perkebunan durian. Untuk memilih tempat budidaya durian yang berdaging kuning kunyit ini, anda tidak boleh sembarangan memilih lokasi. Ada kriteria atau syarat tumbuh bagi tanaman durian yang satu ini, diantaranya harus mendapat pasokan sinar matahari (panas khas tropis yang hangat) dan kelembaban yang cukup. Sinar matahari yang cukup hanya diperlukan pada saat bibit berusia diatas satu tahun dari masa tanam, karena pada tahun pertama penanaman, bibit musang king memerlukan keadaan yang agak teduh.

Temperatur ideal untuk pertumbuhan optimal adalah 23 derajat celcius. Meskipun demikian ternyata bibit durian ini juga bisa tubuh di tempat dengan suhu 10 derajat celcius, tapi hal ini sangat beresiko, karena bibit yang ditanam diluar area tropis dengan suhu sedingin itu akan besar peluang gagalnya, sebab daunya pasti banyak yang gugur. Untuk ketinggian tempat, durian berdaging kuning kunyit ini bisa ditanam di dataran rendah pada kisaran 400 hingga 600 meter diatas permukaan laut untuk pertumbuhan optimalnya. Bibit ini juga bisa ditanam pada ketinggian diatas 1000 mdpl, namun resikonya bibit akan tumbuh lebih lambat dan warna daging buah yang dihasilkan pohonnya tidak cerah alias lebih pucat dari yang ditanam di dataran tinggi. Namun, ada satu kelebihan durian raja kucing yang ditanam di dataran tinggi, yaitu memiliki cita rasa yang lebih nikmat dari yang ditanam di dataran rendah.

Jarak Tanam Durian Musang King Yang Harus Dipatuhi

Sebelum membuat lubang tanam durian, anda harus membersihkan lahan dari gulma atau tanaman liar, karena jika tidak dibersihkan tanaman liar akan mengganggu penyerapan nutrisi oleh pohon durian dan mengakibatkan pertumbuhan bibit tidak maksimal dan tidak bisa cepat berbuah. Bersihkan juga tanaman – tanaman yang berpotensi menghambat masuknya cahaya matahari kearah pohon, cahaya matahari sangat diperlukan untuk proses fotosintesis yang akan menghasilkan makanan cadangan bagi pertumbuhan pohon durian. Setelah lahan bersih, lakukan pengolahan lahan dengan membuat lubang tanam durian, jangan lupa untuk memberikan jarak tanam durian ideal antara tempat bibit satu dengan tempat bibit lainnya. Jarak tanam durian minimal yang disarankan untuk varietas raja kucing adalah 8 X 8 meter hingga 10 X 10 meter. Dengan jarak yang lebar tersebut, akan memberikan kesempatan untuk tanaman durian ini tumbuh dengan optimal. Jarak tanam yang terlalu dekat, dapat memberikan banyak risiko diantaranya akan mempermudah penularan penyakit dan juga hama serta dapat membuat perakaran antara pohon satu dan lainnya tumpang tindih dan bisa memicu perebutan nutrisi, selain itu tajuk dari tanaman juga bisa saling tumpang tindih nantinya, dan akan menghalangi masuknya cahaya matahari yang menyinari daun di percabangan ranting bagian bawah.

Budidaya semua jenis durian akan berhasil jika anda sudah menerapkan jarak tanam durian dan melakukan berbagai prosedur penanaman hingga prosedur perawatan dengan baik dan benar. Selain melakukan berbagai tahapan penanaman dan perawatan dengan benar, pemilihan bibit juga tidak boleh dilupakan. Pilihlah bibit dengan mutu yang bagus dengan ciri berbatang lurus, sehingga dapat menyalurkan nutrisi ke seluruh bagian tanaman secara sempurna, selain itu pilihlah yang berdaun bagus, tidak berlubang karena hama atau memiliki tanda – tanda terserang penyakit. Untuk mendapatkan bibit durian raja kucing yang bagus dan berkualitas bisa anda peroleh di pusatbibitdurian.com, yang menyediakan bibit durian dari hasil okulasi dengan pohon dewasa yang bermutu tinggi, sehingga dijamin menghasilkan bibit yang juga berkualitas baik. Proses okulasi dan juga perawatan bibit di tempat kami dilakukan oleh tenaga yang profesional, sehingga anda tidak perlu khawatir mengenai kondisi dari bibitnya, dijamin bagus dan sehat. Soal harga, kami berani memberikan harga bersaing dengan kualitas bibit yang premium, karena kami selalu mengedepankan kepuasan setiap konsumen kami. Jadi, jangan salah pilih, berbelanja kebutuhan bibit durian musang king yang murah tapi berkualitas bagus hanya di sini tempatnya. Sekian informasi yang dapat kami bagian mengenai jarak tanam pohon durian musang king, semoga bermanfaat untuk membantu budidaya durian anda!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *