Harga Bibit Durian Bawor

Harga Bibit Durian Bawor

Buah durian adalah buah yang paling digemari sebagian besar masyarakat di Indonesia. Ada banyak jenis buah durian yang dijual mulai dari varietas lokal unggul hingga varietas luar negeri. Untuk durian dengan harga yang mahal dan hanya dijual di supermarket ataupun kios buah besar, varietas seperti musang king dan montong masih lebih mendominasi. Namun, sekarang varietas lokal unggulan juga ada yang bisa sejajar dengan kedua jenis durian luar negeri tersebut, karena durian lokal ini memiliki kualitas premium terbaik diantara varietas lokal yang lain, dan membuat harganya mahal. Varietas durian lokal tersebut berasal dari Banyumas, dan diberi nama durian bawor. Bibit durian ini kini tengah marak diburu karena minat masyarakat yang tinggi terhadap varietas ini dan harganya yang mahal. Bagi anda yang juga berminat membudidayakan pohon durian ini, maka sebelum membeli bibitnya, anda perlu mengetahui kisaran harga bibit durian bawor, supaya anda bisa mempersiapkan modal yang cukup untuk membeli sejumlah bibit, apalagi harga bibit durian ini bervariasi, bergantung pada ketinggian bibit.

Karakteristik Durian Varietas Bawor

Durian bawor menjadi primadona karena kualitas dagingnya yang hampir seenak musang king, dengan rasa manis bercampur pahit yang justru menjadi ciri khas nikmat daging durian yang sebenarnya. Teksturnya lembut, daging tebal dan bijinya yang kempes. Meski teksturnya tidak creamy seperti musang king, namun durian Banyumas ini sudah mewakili rasa yang luar biasa dari daging durian premium. Untuk ukuran, durian ini memiliki ukuran sebesar durian montong, dengan berat terbesar dapat mencapai 15 kg dan berat rata – rata 5 hingga 6 kg.

Tanaman Durian Bawor

Bibit dari durian bawor merupakan hasil rekayasa dari berbagai macam spesies durian lokal unggulan yang kemudian dijadikan satu dengan batang pokok yang diambil dari batang durian montong, itulah sebabnya ukuran durian ini bisa sebesar montong. Biasanya bibit durian ini memang memiliki lebih dari 1 kaki, karena persambungannya yang banyak. Adanya banyak kaki ini membuat bibit menjadi kokoh dan lebih cepat untuk tumbuh dibandingkan jenis durian lain berkaki tunggal. Dengan adanya banyak cabang, maka sistem perakarannya semakin banyak, dan penyerapan nutrisi dari dalam tanah semakin maksimal. Itulah yang membuat bibit ini dijamin lebih cepat berbuah. Bibit bawor biasanya akan berbuah setelah 3 hingga 4 tahun sejak masa penanamannya. Adanya sistem perakaran yang banyak akan membuat bibit lebih tahan terhadap cuaca kering, karena telah memiliki cadangan makanan yang cukup. Bibit durian ini juga lebih tahan terhadap serangan hama maupun penyakit.

Memilih Bibit Durian Jenis Bawor

Dalam memilih bibit varietas bawor, anda harus memperhatikan beberapa faktor seperti bibit yang terlihat kokoh dengan batang yang lurus, sebab batang yang lurus menandakan proses penyambungan atau okulasinya berhasil. Selain itu, dengan perbatangan yang urus, maka penyaluran nutrisi ke seluruh bagian tanaman akan sempurna. Pastikan juga daun pada bibit terlihat rimbun dan dalam keadaan yang segar, tidak layu.

Perawatan Bibit Durian Bawor

Setelah menanam bibitnya nanti, anda harus merawatnya dengan benar. Perawatan dilakukan dengan adanya penyiraman setiap pagi dan sore hari, namun pastikan jangan sampai bagian batang tergenang, karena hal ini akan menyebabkan tanaman mudah busuk. Untuk pemberian pupuk, bisa dilakukan 2 minggu sekali atau paling tidak satu bulan sekali. Selain pemupukan dan penyiraman, pemangkasan atau pemotongan beberapa ranting dari cabang bibit juga perlu dilakukan untuk memperpendek tinggi pohon, sehingga saat proses panen nanti anda bisa mengambil buahnya dengan mudah. Selain itu, pemangkasan juga berfungsi untuk memperbanyak keberadaan ranting baru sebagai proses peremajaan tanaman. Pemangkasan di sudut – sudut ujung dari cabang yang lebat dapat merangsang pertumbuhan bunga yang akan berubah menjadi cikal buah, dengan demikian proses berbuahnya durian akan menjadi semakin cepat.

Tempat Mencari Harga Bibit durian bawor Yang Murah

Membeli bibit durian bawor, haruslah mengutamakan faktor harga, karena harga berpengaruh besar pada modal yang anda siapkan untuk kebutuhan pengolahan tanah dan perawatan setelah penanaman nanti. Harga bibit durian bawor memang rata – rata lebih mahal dibandingkan harga bibit buah durian varietas lokal unggulan lainnya. Namun harga bibit bawor ini sangat sebanding dengan kualitas buah yang akan anda panen nantinya. Karena harga pasarannya yang lumayan mahal ini, anda harus selektif memilih tempat penjualan bibit, jangan sampai anda membeli dengan harga yang lebih mahal dari harga standar pasar pada umumnya. Supaya anda tidak tertipu mengenai harga, ada baiknya anda belanja keperluan bibit buah durian anda hanya di pusat bibitdurian.com yang selalu menyediakan berbagai keperluan bibit durian varietas unggul seperti bawor, durian musang king hingga montong. Bibit durian bawor yang kami jual di sini memiliki variasi tinggi antara 50 cm keatas hingga 2 m.

Mengenai kualitas bibit, bisa dijamin bibit yang kami jual berkualitas bagus karena diokulasikan dari berbagai batang durian yang bermutu bagus dan prosesnya dilakukan oleh tenaga ahli yang berpengalaman di bidangnya. Perawatan semua bibit yang ada di tempat kami juga dirawat oleh tenaga yang profesional, sehingga pemantauan mengenai kondisi bibit selalu dilakukan untuk mengantarkan kualitas bibit premium ke tempat anda. Mengenai masalah harga, kami selalu memberikan harga yang bersaing sesuai standar pasar, sehingga anda tidak perlu khawatir. Anda bisa mendapatkan bibit durian bawor dengan harga mulai Rp 75.000,00 untuk tinggi 50 cm keatas, Rp 175.000,00 untuk kisaran 80 cm keatas yang bersifat dongkelan, dan untuk bibit yang ketinggiannya mencapai 2 m kami bandrol dengan harga Rp 500.000,00 saja. Harga bibit durian bawor yang terjangkau ini hanya bisa anda dapatkan di pusatbibitdurian.com, jadi jangan lupa berbelanja di tempat kami.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *