Cara Mengatasi Pohon Durian Tidak Kunjung Berbuah

Sebagai orang yang melakukan ingin budidaya durian, maka tentunya wajib melakukan perawatan bibit durian yang tepat. Karena perawatan yang tepat akan mempengaruhi hasil panennya nanti.

Pohon Durian Tak Kunjung Berbuah?  Ini Penyebabnya!

Setiap petani yang melakukan budidaya durian, pastinya akan selalu berusaha untuk melakukan perawatan bibit durian yang terbaik.  Mulai dari penyiraman yang dilakukan secara teratur,  pemupukan,  penyiangan hama tanaman dan lain sebagainya.

Mengenai perawatan bibit durian sendiri memang terbilang cukup berpengaruh dalam pertumbuhan pohon durian tersebut.  Sehingga memang sudah seharusnya semua petani yang melakukan budidaya durian ini merawat sebaik mungkin.

Namun kadang kala meskipun sudah dilakukan perawatan yang tepat,  namun sering kali petani mengalami kendala.  Misalnya saja gagal panen karena banyak buah yang busuk atau justru pohon durian tidak kunjung berbuah. Kira – kira apa saja?  Berikut ini adalah beberapa alasannya.

1. Pemilihan Bibit yang Tidak Tepat

Alasan pertama mengapa pohon durian tidak kunjung berbuah adalah karena bibit yang dipilih tidak tepat.  Bisa saja anda sembarangan dalam memilih bibit yang ditanam.

Misalnya saja bibit yang digunakan tidak berkualitas.  Atau bisa saja anda memilih jenis bibit durian yang salah karena perlu diketahui bahwa setiap jenis durian memiliki jangka waktu tersendiri kapan waktu berbuahnya.

2. Cahaya Matahari Kurang

Salah satu syarat agar pohon durian bisa tumbuh dengan baik adalah mendapatkan sinar matahari dengan baik.  Pohon durian sendiri setidaknya harus mendapat sinar matahari selama 8 – 12 jam setiap harinya.  Sehingga jika cahaya matahari yang didapatkan kurang,  maka bisa menjadi salah satu alasan mengapa durian tidak berbuah.

3. Kekurangan Air

Selain kekurangan sinar matahari,  durian tidak berbuah bisa karena kekurangan pasokan air.  Seperti yang diketahui agar bisa tumbuh dengan subur,  durian harus tumbuh di media yang lembap.

Jika media tanamnya kering atau terlalu tergenang air, maka bisa menyebabkan banyak kendala dimana salah satunya yaitu tidak kunjung berbuah.

4. Tanah Tidak Subur

Tahukah anda bahwa durian bisa tumbuh maksimal jika media tanamnya adalah tanah liat yang berpasir.  Sehingga jika durian yang anda budidayakan tidak berbuah, bisa jadi karena tanah yang digunakan untuk menanam tidak subur.

5. Durian Jantan

Alasan terakhir mengapa durian tidak juga berbuah adalah akibat jenis pohonnya jantan.  Sehingga sebelum menanam bibit, pastikan anda sudah memilih bibit durian betina.

Itulah tadi beberapa faktor yang dapat menyebabkan pohon durian sulit berbuah.  Dengan mengetahui beberapa penyebabnya maka bisa menjadi pertimbangan sebelum menanam bibitnya tersebut.

Tips Atasi Pohon Durian yang Sulit Berbuah

Berdasarkan apa yang sudah dijelaskan di atas,  maka bisa dikatakan bahwa meskipun sudah melakukan perawatan bibit durian  yang tepat namun tidak akan selamanya menjamin pohon durian akan cepat berbuah atau berbuah banyak.  Lalu bagaimana cara mengatasinya?

1. Pilih Bibit yang Berkualitas

Memilih bibit berkualitas itu penting.  Pilih bibit durian yang sehat dan segar.  Serta pastikan bibit yang anda pilih tidak terkena penyakit. Pilih bibit jenis durian yang memiliki jangka waktu berbuah paling cepat agar anda tidak perlu menunggu waktu terlalu lama untuk panen.

2. Beri Pupuk yang Tepat

Pemupukan yang tepat turut mempengaruhi pertumbuhan.  Pastikan anda melakukan pemupukan yang tepat. Gunakan pupuk alami seperti pupuk kandang atau pupuk kompos.

3. Lakukan Penyiangan Dan Pemangkasan Secara Teratur

Penyiangan juga perlu dilakukan secara teratur untuk mencegah hama dan penyakit.  Anda juga perlu memangkas pohon secara teratur pada ranting dan cabang agar pohon cepat berbuah.

4. Pastikan Kebutuhan Air Dan Cahaya Matahari Terpenuhi

Agar bisa tumbuh dengan subur perlu dilakukan penyiraman yang teratur. Tujuannya adalah agar tanah tetap terjaga kelembapannya.  Namun hindari agar media tanam tidak terlalu kering atau air yang menggenang karena jika terlalu kering pohon akan mati dan jika terlalu basah pohon akan mudah busuk.

Kebutuhan sinar matahari juga harus cukup agar membantu proses pertumbuhan pohon durian.

Itulah tadi sedikit tips perawatan bibit durian agar pohon durian cepat berbuah. Semoga bermanfaat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *