Cara Menanam Pohon Durian

Cara Menanam Pohon Durian

Buah tropis memang terkenal lezat dan banyak variannya, mulai dari buah dengan tekstur daging yang sangat juicy seperti semangka hingga buah naga, buah dengan daging yang renyah seperti salak hingga buah yang berdaging lembut seperti durian. Dari semua jenis buah tropis, buah durian merupakan buah yang memiliki paling banyak penggemar terutama di Indonesia. Buah berduri ini sangat ditunggu – tunggu masa panennya, dan banyak orang rela membayar harga yang mahal untuk mendapat durian dengan varietas unggulan yang premium, seperti durian musang king dan montong untuk varietas durian luar negeri maupun varietas bawor dari durian unggul lokal. Varietas durian tersebut paling laku di pasaran meskipun harganya mahal, maka tidak heran jika bibit dari ketiga jenis durian ini paling banyak dicari akhir – akhir ini. Jika anda ingin ikut mendapatkan keuntungan besar dari berbudidaya pohon durian jenis unggulan tersebut untuk tujuan komersil agar bisa mendapatkan keuntungan yang besar, anda perlu belajar terlebih dahulu mengenai cara menanam pohon durian yang baik dan benar, agar semua bibit yang anda tanam dapat tumbuh dengan baik dan menghasilkan buah yang berkualitas bagus.

Cara Menanam Durian Yang Mudah

Menanam bibit atau pohon durian sebenarnya tergolong mudah, layaknya menanam bibit buah pada umumnya, hanya saja memang diperlukan ketekunan untuk merawat bibit agar cepat besar dengan rajin menyiram, memberi pupuk, melakukan pemangkasan pada ujung – ujung cabang batang, hingga membersihkan gulma yang dapat mengganggu proses penyerapan nutrisi dari dalam tanah. Selain berbagai hal tersebut, ada beberapa langkah awalan yang juga harus anda perhatikan sebagai bagian dari rangkaian cara menanam pohon buah durian yang baik dan benar, seperti berikut ini :

  1. Penentuan Lokasi Penanaman

Sebelum membeli pohon durian untuk ditanam, sudah pasti anda harus mencari lokasi sebagai lahan untuk ditanami bibit. Jika anda sudah memiliki lahan kosong, anda perlu memantau kembali, apakah lahan yang anda punya sudah sesuai dengan syarat tumbuh untuk durian pada umumnya, yaitu :

  • Lahan yang akan digunakan untuk menanam durian, harus berada pada ketinggian antara 500 hingga 800 meter diatas permukaan laut. Kebanyakan durian memang akan tumbuh optimal pada dataran rendah hingga pada ketinggian maksimal 1000 mdpl. Jika diatas ketinggian tersebut, mungkin pertumbuhannya akan menjadi lambat.
  • Mendapat intensitas penyinaran matahari antara 40% hingga 50%, maka dari itu pohon durian tumbuh optimal di dataran rendah.
  • Suhu di lokasi lahan antara 23 hingga 30 derajat celcius, adalah salah satu syarat cara menanam durian yang baik.
  • Curah hujan di lokasi penanaman durian berkisar antara 1500 hingga 2500 mm per tahun, atau bisa dibilang curah hujan yang diperlukan untuk menanam durian cukup tinggi.
  • Jenis tanah yang baik untuk menanam pohon durian adalah tanah yang memiliki sifat lempung berpasir, subur dan gembur.
  • PH yang baik untuk menanam pohon durian adalah 6 hingga 7.
  1. Cara Penanaman Bibit

Tahap selanjutnya setelah bibit sudah anda beli dan lokasi lahan sudah ditentukan, maka langsung saja masuk ke cara menanam durian. Ada beberapa tahap dalam penanaman seperti :

  • Cara menanam durian yang pertama adalah dengan membersihkan lahan dari tanaman liar atau gulma, agar nutrisi yang seharusnya dapat diserap oleh pohon durian, tidak terbagi dengan tanaman liar yang ada di sekitarnya. Dengan tidak adanya tanaman yang mengganggu, pohon durian akan tumbuh dengan cepat.
  • Setelah dibersihkan, cangkul lahan untuk menggemburkan tanah. Lalu diamkan terlebih dahulu tanah yang sudah dicangkul hingga 3 hari lamanya.
  • Setelah itu tambahkan pupuk kandang pada tanah yang sudah dicangkul tersebut. Diamkan tanah kembali selama 1 minggu, agar pupuk terserap secara sempurna dan menjadikan lahan untuk penanaman menjadi lebih subur.
  • Cara menanam durian selanjutnya, yaitu dengan membuat lubang tanam dengan pemberian jarak 8 x 8 m antar setiap lubangnya. Hal ini bertujuan seiring besarnya pohon durian, perakarannya tidak saling berebut nutrisi dari dalam tanah. Selain itu adanya jarak tanam juga bertujuan supaya saat pohon besar nanti, tajuk tidak saling menutupi pohon durian yang ada di sebelahnya. Setelah lubang penanaman dibuat, diamkan selama 1 minggu, agar gas racun yang ada di dalam tanah menguap dan bakteri yang terkandung dalam tanah mati karena terpapar panas sinar matahari.
  • Setelah satu pekan, barulah bibit mulai dimasukkan dan ditanam pada lubang dengan posisi yang tegak. Kemudian tutup kembali lubang dengan tanah, timbun hingga batasnya berada pada pangkal bibit durian.
  • Setelah ditanam, jangan lupa melakukan perawatan rutin dengan penyiraman setiap hari pada pagi dan sore. Jangan lupa juga untuk mengaplikasikan pupuk minimal sebulan sekali.

Waktu yang tepat untuk memulai proses dari rangkaian cara menanam durian adalah pada saat musim penghujan tiba, karena tanah akan selalu mendapat suplai air yang cukup tanpa anda harus repot menyiramnya.

Mencari Bibit Durian Murah Dan Berkualitas

Sebelum menanam durian, tentu anda harus membeli bibitnya terlebih dahulu bukan? supaya tanaman durian anda bisa tumbuh dengan baik dan menghasilkan buah yang bermutu tinggi, harus ditunjang juga dari pemilihan bibit yang berkualitas untuk ditanam. Bibit berkualitas dari hasil okulasi pohon durian dewasa yang bermutu tinggi bisa anda dapatkan di pusatbibitdurian.com, selain berkualitas bibit yang kami jual juga memiliki harga bersaing yang tidak memberatkan konsumen. Jadi, untuk mendukung cara menanam pohon durian yang baik, maka belilah bibit durian yang bagus hanya di pusatbibitdurian.com. Selamat mencoba bertanam durian!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *