Bisnis Durian Kenali Dulu 7 Buah Jenis Durian Unggulan

Bisnis Durian Kenali Dulu 7 Buah Jenis Durian Unggulan

Bisnis Durian Kenali Dulu 7 Buah Jenis Durian Unggulan

Buah durian, siapa yang tidak kenal dengan si raja buah yang satu ini? Durian yang memiliki kulit buah berduri tajam dan aroma yang khas ini membuat banyak orang menjadikannya buruan ketika musim panennya telah tiba. Meskipun begitu juga ada banyak orang yang juga tidak suka dengan buah durian ini karena aroma nya yang terlalu kuat sampai membuat mual. Namun bagi mereka yang sudah kecanduan akan nikmatnya durian tentu tidak akan sayang untuk merogoh kantong mereka dalam-dalam untuk mendapatkan target buruannya. Bahkan juga ada yang rela menempuh perjalanan jauh demi mendapatkan durian yang mereka idamkan.

Maka dari itu, bisnis budidaya durian merupakan investasi jangka panjang dalam bidang perkebunan lho. Bagaimana bisa? Tentu saja, dengan harga jual buah durian yang mahal dan juga stabil ini tidaklah membuat kalian rugi meskipun harus menunggu sedikit lama. Nah, sebelum kalian ingin memutuskan budidaya durian, ada baiknya kalian pelajari dahulu beberapa jenis buah durian unggulan. Dengan mempelajari beberapa jenis buah durian unggulan, tentu kalian akan dapat menentukan pilihan bibit durian dan juga dapat menilai harga serta trend pasar durian. Oke tidak perlu berlama-lama langsung saja kita simak 7 jenis buah durian unggulan yang patut untuk kalian budidayakan.

Durian Musang King

Siapa yang tidak kenal dengan durian yang satu ini? Durian musang king atau durian kunyit ini telah semakin melejit namanya beberapa dekade belakangan ini. Durian musang king adalah durian yang berasal dari tanah Malaysia. Durian musang king pertama kali dikembangkan pada era 90 an dan kemudian diklaim sebagai durian dari negri Jiran Malaysia. Durian musang king memiliki keunggulan tekstur buahnya yang lembut, daging buah yang tebal, aromanya begitu harus dan menggugah selere serta rasa dagingnya yang manis dengan sedikit rasa pahit. Tidak hanya itu, durian musang king yang memiliki warna daging orange seperti kunyit ini sangat pantas untuk dibudidayakan karena harga jual buahnya yang relatif mahal.

Durian Montong

Durian montong adalah varietas durian yang berasal dari negri gajah yaitu Thailand. Durian montong sampai sekarang masih menduduki peringkat teratas buah durian di mata masyarakat Indonesia. Durian montong memiliki daging buah yang tebal dengan biji yang kecil. Daging buahnya yang manis serta harum menggoda akan membuat siapapun membelinya. Dengan berat rata-rata 4kg dan harga yang mahal tentu tidak salah jika kalian budidayakan durian jenis ini.

Baca:

Durian Bawor

Durian bawor adalah jenis durian unggulan asli Indonesia yang pertama kali dibudidayakan oleh masyarakat Banyumas. Durian bawor sendiri adalah durian dengan daging tebal berwarna orange yang manis dan berbiji kecil. Keunggulan durian bawor adalah pada pohonnya, dimana pohon durian bawor cenderung jauh lebih pendek dibandingkan dengan pohon durian lainnya. Dengan pohon yang pendek tentu akan memudahkan para pekebun dalam proses panen. Meskipun pohonnya pendek, buah hasil panennya juga tidak kalah banyak dengan yang pohon tinggi. Selain itu, durian bawor juga bisa panen 3 kali dalam satu tahun.

Durian Petruk

Durian petruk adalah durian unggulan asli Indonesia lainnya. Durian ini berasal dari kota Jepara sana dengan ciri khas berbentuk seperti telur yang terbalik alias bagian bawah buahnya yang meruncing. Durian petruk memiliki kulit buah yang tipis dan berwarna hijau kekuningan. Daging buahnya berwarna kuning dan berserat agak lembek. Durian petruk yang manis dengan aroma tidak terlalu menyengat membuat orang-orang yang membenci durian menjadi menyukainya. Selain itu, dengan harga jual yang stabil dan masih mahal, tidak salah jika jenis ini juga kalian tanam.

Durian Duri Hitam

Durian duri hitam atau durian ochee ini disebut sebagai saingannya musang king. Durian ini memiliki daging yang tidak lengket seperti musang king juga namun memiliki variasi rasa yang lebih banyak. Ketika kalian memakan buah durian duri hitam ini, kalian akan merasakan sensasi rasa gurih, manis, lembut dan juga sedikit pahit khas durian. Selain itu, ketika kalian ingin budidaya durian jenis ini, kalian tidak perlu khawatir dengan kondisi tanah dan juga cuaca yang sering berubah-ubah.

Durian Merah

Durian merah merupakan idola baru di Indonesia. Durian merah ini berasal dari daerah Banyumas juga. Yak seperti dengan namanya bahwa durian ini memiliki warna daging buah merah. Buahnya yang bulat dan kecil, hanya sekitar 2kg saja. Dagingnya manis bertekstur halus dan berbiji kecil. Durian ini bisa merah karena adanya kandungan sulfur di daerah sekitar Banyumas. Jika ingin budidaya jenis ini, ada baiknya kalian menanamnya pada daerah yang memiliki karakter sama seperti kampung halamannya.

Durian Pelangi

Yak, varietas yang terakhir dan sedang hits adalah durian pelangi dari Manokwari, Papua. Sesuai namanya pula, durian ini memiliki warna pelangi pada daging buahnya. Ada warna merah muda, kuning krem dan hijau seperti kombinasi pelangi di angkasa. Durian pelangi juga memiliki daging buah yang tebal dengan tekstur lembut dan akan terasa agak lengket di mulut. Rasa yang manis dan kadar alkohol rendah menjadikan buah durian pelangi ini alternatif bagi mereka yang mudah mabok durian.

Nah, beberapa jenis buah durian unggulan tersebut di atas bisa kalian jadikan bahan pertimbangan. Tentunya jika ingin berbisnis durian pilihlah yang prosesnya tidak terlalu sulit dan juga menghasilkan panen yang stabil dan harga jual yang tinggi. Dengan begitu akan membuat kesejahteraan kalian semakin meningkat. Selamat mencoba dan tetap semangat ! untuk bibitnya bisa hub suminar nursery wa 081226543798

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *