4 Tips Memilih Bibit Durian Bawor

4 Tips Memilih Bibit Durian BaworSiapa sih yang tidak kenal dengan buah yang satu ini? Yak, sepertinya kalian semua tentu kenal dan juga memfavoritkan si raja buah yang satu ini. Buah durian memang tidak bisa dipungkiri lagi kenikmatannya meskipun masih banyak orang di belahan bumi lainnya yang belum kenal.

Membahas buah durian tentu kalian sangat suka dengan beberapa jenis durian yang biasa kalian temukan di pasaran bukan? Apa favorit kalian? Durian musang king atau durian montong atau durian bawor? Apa kalian sudah tahu apa itu durian bawor? Yak, durian bawor bisa kalian kenal dengan buah nya yang sedikit lebih besar jika dibandingkan dengan durian lainnya. Selain itu, durian bawor juga memiliki daging buah yang lembut dan juga tebal. Namun perbedaan yang mencolok dari durian bawor adalah dari tinggi pohonnya. Pohon durian bawor yang cenderung lebih pendek jika dibandingkan dengan durian jenis lainnya sangat mudah untuk kalian identifikasikan. Selain itu, pohon durian bawor juga memiliki panen yang relatif lebih banyak dibandingkan dengan durian jenis lainnya. Jadi manfaat jika kalian punya pohon durian bawor yang siap panen adalah panen buah durian kalian akan melimpah dan juga mudah dalam proses panennya.

Kalau berbicara soal panen yang melimpah tentu akan berimbas pada kesejahteraan yang semakin meningkat tentunya. Harga buah durian yang dinilai masih cukup bersaing saat ini menjadikan budidaya durian semakin digemari oleh sebagian besar masyarakat. Yah walaupun harus menunggu beberapa tahun untuk merasakan manisnya dari budidaya ini, tapi semua akan terbayar lunas ketika sudah merasakannya. Apalagi jika kita budidaya durian bawor, jika penanaman dan perawatan yang kalian lakukan benar dan bibit yang kalian tanam unggul, sekitar 3 tahun saja kalian sudah bisa merasakan manisnya panen.

Nah, sebelum panen tentu yang pertama kalian harus lakukan adalah mencari bibit yang tepat untuk ditanam bukan? Untuk mencari bibit pohon durian bawor kalian bisa mendapatkannya di beberapa toko pertanian atau koperasi tani yang ada di sekitar tempat tinggal kalian. Pada jaman-jaman sekarang ini juga sudah banyak di pinggiran jalan yang jual bibit durian bawor dengan harga bervariasi. Tapi apa kalian sudah yakin untuk membeli bibit pohon durian bawor tersebut? Tentu kalian harus pandai memilih dan mengetahui dulu ciri-ciri yang orang jual bibit durian bawor tersebut agar tidak tertipu. Nah, buat kalian yang penasaran atau serius ingin budidaya durian jenis ini bisa perhatikan beberapa ciri-ciri bibit durian bawor asli pada ulasan berikut ini :

  • Tentukan dimana kalian akan membeli atau mendapatkan bibit pohon durian bawor yang kalian inginkan. Jika kalian datang ke toko pertanian atau koperasi tani besar kemungkinan kalian akan mendapatkan yang asli, namun jika kalian mendapatkannya pada orang yang jual bibit durian bawor, pastikanlah bibit tersebut mempunyai kaki sejumlah 3 atau lebih.
  • Kemudian pilihlah bibit yang unggulan dari beberapa bibit durian bawor yang ditawarkan. Caranya adalah dengan memilih bibit yang paling tinggi dibandingkan dengan bibit durian bawor yang lainnya yang seukuran.
  • Pilihlah bibit durian bawor yang masih muda dan kokoh. Jangan memilih bibit durian bawor yang sudah tua, karena perkembangannya akan lebih lama. Selain itu, bibit durian bawor yang lebih muda akan lebih cepat tumbuh dan berbuah.
  • Selanjutnya adalah pilihlah bibit durian bawor yang memiliki cabang lebih dari 2 dengan mengarah ke samping kanan atau kiri. Semakin banyak cabang yang dimiliki oleh bibit tersebut berarti menandakan bahwa nutrisi yang didapatkan sempurna, baik dari tanah maupun dari sinar matahari.

Nah, itu tadi sedikit tips bagi kalian yang ingin mendapatkan bibit durian bawor. Memang banyak yang menawarkan bibit durian unggul namun kalian jangan sampai terkecoh dengan harga jual bibit durian bawor yang lebih murah daripada pasaran. Selamat mencoba !

 

Baca:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *