4 Cara Budidaya Musang King Benih Unggulan

Apakah kalian penggemar berat buah durian? Jika iya tentu kalian tahu beberapa jenis buah durian yang ada di Indonesia dan sering kita jumpai di penjual pinggiran maupun di toko buah. Nah bagi kalian fans berat durian tentu sudah tahu dengan varian buah durian yang satu ini yaitu musang king. Yak durian musang king merupakan salah satu durian yang menjadi favorit belakangan ini. Buah durian musang king yang memiliki karakter unik berbeda dari jenis lainnya membuat durian jenis ini digadang-gadang sebagai raja buah durian yang baru.

Buah durian musang king sangatlah lezat untuk dinikmati karena daging buahnya yang tebal, bertekstur lembut dan memiliki biji yang kecil. Selain itu, durian musang king juga memiliki aroma yang menggugah selera serta rasa manis dengn sedikit ada rasa pahit di belakangnya, sungguh nikmat. Ternyata durian musang king pertama kali dibudidayakan oleh masyarakat Malaysia lho.

Durian musang king adalah salah satu pohon durian yang mampu untuk tumbuh dan berkembang di dataran rendah dengan ketinggian 1000 mdpl. Tetapi apabila menginginkan hasil panen yang lebih maksimal, maka sebaiknya durian musang king dibudidayakan di daerah dengan ketinggian sekitar 400-600 mdpl.

Durian musang king sendiri adalah jenis durian yang akan tumbuh subur dan berkembang dengan baik apabila ditanam di daerah yang memiliki curah hujan yang cukup tinggi dan beriklim basah. Selain itu, musang king benih unggulan juga akan tumbuh dengan sempurna jika ditanam di daerah yang memiliki tanah subur dan gembur serta dengan kedalaman air tanah tidak lebih dari 1m. Lalu bagaimana cara untuk budidaya musang king benih unggulan? Nah, bagi kalian yang menginginkan untuk budidaya durian jenis ini bisa memperhatikan beberapa penjelasan berikut ini.

Persiapan Lahan

Untuk kalian yang menginginkan bibit durian musang king yang kalian tanam tumbuh dengan subur dan nantinya setelah beberapa tahun bisa panen maka haruslah mempersiapkan lahan tanam dengan baik dan rapi. Beberapa hal yang harus kalian perhatikan ketika mempersiapkan lahan tanam musang king benih unggulan adalah :

Baca:

  • Bersihkan lahan yang akan digunakan dari berbagai tanaman penggangu seperti semak belukar dan juga gulma. Selalu pastikan lahan tersebut terkena sinar matahari secara merata.
  • Jika sudah menyingkirkan tanaman penggangu, selanjutnya adalah membuat lubang tanam dengan ukuran yang tepat.
  • Perhatikan juga jarak tanam untuk benih yang kalian beli, jangan sampai terlalu dekat, karena penyerapan nutrisi nantinya akan tidak merata.
  • Sebelum menanam benih sebaiknya lakukan penyuburan tanaman dengan cara mencangkul dan memberikan pupuk kandang.

Proses Tanam

Nah yang selanjutnya harus dilakukan dengan benar adalah proses penanaman musang king benih unggulan kalian. Tentu kalian juga sudah paham bagaimana cara menanam bibit durian unggulan, tetapi sering lupa dengan hal-hal kecil namun penting. Maka dari itu perhatikanlah beberapa hal berikut ini.

  • Pada saat menanam bibit, jangan sampai merusak batang atau bahkan menggores sedikit saja batang bibit unggulan kalian.
  • Bukalah polybag tempat bibit kalian, atau buka sedikit supaya akar bisa tumbuh dengan sempurna.

Perawatan dan Pemupukan

Selanjutnya adalah perawatan dan pemupukan yang harus kalian lakukan secara teratur dan bertahap sesuai usia bibit kalian. Pemberian pupuk juga harus disesuaikan dengan usia bibit kalian sampai nanti berubah menjadi pohon besar yang siap berbuah. Kalian bisa memberikan pupuk kimia dan juga pupuk kandang sesuai dengan petunjuk yang ada. Ketika setiap akan memberikan pupuk ke pohon durian, sebaiknya membersihkan lahan di sekitar pohon terlebih dahulu dari tanaman pengganggu, agar pupuk yang kalian berikan tidak terbagi dengan gulma atau tanaman pengganggu tersebut. Selain itu, teknik tanam dengan metode menggantung juga bisa kalian terapkan. Metode menggantung adalah dengan menanam bibit menyerupai permukaan gunung, caranya adalah dengan cara meninggikan tanah tempat menanam bibit. Hal tersebut bisa kalian lakukan dengan tujuan pertumbuhan musang king benih unggulan cepat besar.

Masa Panen

Jika kalian menanam musang king benih unggulan dengan benar, maka kalian akan bisa merasakan hasilnya sekitar 4 – 5 tahun kemudian. Nah, untuk menyiasati pertumbuhan pohon yang terlalu tinggi dan memudahkan proses panen, ada baiknya kalian melakukan pemangkasan secara teratur. Pohon durian musang king sebenarnya bisa dibudidayakan dengan beberapa meter lebih rendah asalkan perawatannya dilakukan dengan benar, dan hal tersebut tidak akan mengurangi kualitas panen buahnya sendiri.

Nah, beberapa hal di atas bisa langsung kalian terapkan ke kebun durian kalian. Semoga berhasil ! untuk benihnya bisa hub H.Tenggar Wardana wa . 081226543798

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *