3 Tips dan Cara Menanam Pohon Durian Pendek

3 Tips dan Cara Menanam Pohon Durian Pendek

3 Tips dan Cara Menanam Pohon Durian Pendek

Cara menanam pohon durian pendek memang tidak akan bisa lepas dari keinginan kita sebagai petani agar mudah ketika proses panen nanti. Memang terkadang tingginya pohon durian yang menjulang sampai 30 an meter sangat mengganggu dan merepotkan. Namun kadang juga terdapat berbagai permasalahan yang menghantui ketika kita hendak menanam pohon durian pendek. Apakah nanti pohon yang kita tanam bisa berbuah atau tidak? Apakah jika sudah berbuah, bisa panen terus menerus? Dan juga apakah buah hasil panen memiliki rasa yang diharapkan atau tidak?

Yak, tentu beberapa pertanyaan tersebut akan mengganggu pikiran kita dan menjadi kenyataan dengan jawaban tidak memuaskan apabila kita tidak tepat dan teliti dalam menanam dan membudidayakan pohon durian pendek. Lalu bagaimana cara menanam pohon durian pendek yang tepat? Apakah sama dengan menanam pohon durian jenis lainnya?  Maka dari itu, pada era teknologi yang semakin berkembang ini, sudah banyak cara dan inovasi proses yang bisa kita lakukan untuk menunjang cara budidaya pohon durian. Tentu agar proses menjadi lebih efisien dan hasil panen nantinya bisa sesuai dengan harapan yang kita inginkan. Bukan hanya itu saja, perkembangan cara menanam pohon durian pendek juga bertujuan untuk memudahkan perawatan pohon durian dan juga proses panen yang jauh lebih mudah.

Memperpendek pohon durian memang kelihatannya menggelikan, namun hal ini bukan tidak mungkin untuk dilakukan. Nah, pada ulasan di bawah nanti kita akan bahas beberapa tips dan cara menanam pohon durian pendek yang efisien tanpa mengesampingkan produktifitas dari pohon itu sendiri. Langsung saja yuk kita simak beberapa tips nya berikut ini.

Menanam Pohon Durian Pada Pot

Bukan hal yang mustahil dan lucu lagi pada jaman sekarang untuk menanam pohon berbuah ke dalam pot kesayangan kita. Tidak seperti jaman dahulu yang hanya bisa menanam bunga dan tanaman kecil pada pot kesayangan. Salah satu alasan yang cukup realistis dengan cara ini adalah terbatasnya akar untuk berkembang pada pot dibandingkan dengan ditanam di lahar terbuka.

Tidak bisa disangkal bahwa faktas telah membuktikan jika pohon yang ditanam pada pot, akarnya tidak bisa terus menerus bertambah panjang. Lalu apa akibatnya? Tentu saja, apabila akar tidak bisa memanjang bebas, maka pohon juga hanya akan tumbuh beberapa meter saja alias pendek. Hal ini juga berlaku untuk pohon durian tentunya. Pohon durian yang ditanam pada pot akan membuat akarnya berkembang terlalu panjang. Jika hal tersebut terjadi, maka tinggi pohon durian tentunya akan berkurang signifikan jika dibandingkan dengan pohon durian yang ditanam di lahan bebas nan luas. Tentu cara penanaman seperti ini harus dibarengi dengan beberapa perawatan khusus seperti pemangkasan akar dan batang. Jika pohon durian dirawat dengan baik, maka akan menghasilkan pohon yang sehat dan hasil panen yang baik tentunya.

Baca:

Pangkas Pohon Durian Secara Rutin

Sebetulnya pemangkasan pohon durian pendek tidak berbeda dengan pohon durian pada umumnya. Pada pohon durian pendek, pemangkasan dilakukan dengan cara memotong beberapa cabang sampai dengan dahan pohon. Selain itu, ada juga yang memotong pucuk pohon untuk mendapatkan ketinggian pohon durian yang stabil.

Ada beberapa teknik yang harus diperhtikan ketika ingin melakukan pemangkasan terhadap pohon durian pendek yang kita tanam. Pemangkasan pohon durian ini sebaiknya mengikuti alur 1-0-1-0 pada dahan pohon alias pemangkasan selang seling. Ini dilakukan dengan cara memangkas dahan pertama, kemudian dahan di atasnya tidak dipangkas, dan dahan atasnya dipangkas lagi dan terus menerus seperti itu.

Pemangkasan dahan-dahan tersebut bertujuan agar pohon tidak terlalu tinggi. Dahan yang tidak dipangkas selanjutnya harus kalian atur menuju arah kanan atau kiri dengan cara mengikatkan ujung dahan dengan tali dan juga pemberat. Dengan bantuan tali dan pemberat tersebut diharapkan dahan akan tumbuh secara horizontal.

Kemudian cara selanjutnya adalah memangkas ujung dari pohon durian tersebut. Untuk proses pemangkasan yang satu ini sebenarnya kalian lakukan sesuai selera kalian saja. Apabila menghendaki pohon durian dengan tinggi 4 meter, maka setiap lebih dari 4 meter kalian harus memotong ujung dahan pohon tersebut. Apabila sudah memangkas ujung dahan, segera tutup dengan plastik dan berilah tanda menggunakan cat atau apapun. Pangkaslah ujung pohon yang sudah mengeras, jangan pangkas yang baru tumbuh atau masih lunak. Setelah melakukan pemangkasan, nantinya akan tumbuh tunas-tunas baru. Nah, agar pohon durian terlihat rapi dan bagus, potonglah tunas-tunas tersebut segera.

Menanam Dari Bibit Rekayasa

Cara menanam pohon durian pendek yang terakhir adalah dengan menggunakan bibit rekayasa. Rekayasa disini berarti bibit yang akan kalian tanam nantinya adalah bibit yang dikembangkan dengan cara okulasi. Kalian bisa memilih berbagai bibit rekayasa yang tersedia pada pusatbibitdurian.com atau suminar nursery no admin 081226543798. Untuk mendapatkan panen buah durian dengan cepat, kalian bisa memilih bibit durian bawor kaki tiga. Durian jenis tersebut lebih cepat tumbuh dan juga sudah bisa berbuah setelah usia pohon 3 tahun.

Nah, bagaimana? Apakah kalian masih ragu untuk menanam pohon durian pendek? Jangan pernah ragu sebelum mencoba. Selalu konsultasi dengan teman-teman yang juga membudidayakan durian agar ilmu yang kalian miliki semakin bertambah. Semangat !

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *